Dalam pemasaran produk berupa barang maupun jasa seringkali kita mendengar istilah 4P: Product, Place, Price, dan Promotion, ya singkatnya produk harus berkualitas, tempat strategis, harga bersaing, dan promosi menarik :). Nah, ternyata itu semua kurang spesifik, butuh hal lain untuk dilakukan supaya konsumen lebih tertarik memilih produk kita. Timbullah 7P yang mencakup 4P itu dan tambahan 3P lainnya: yaitu People, Process, dan Physical Evidence, singkatnya orang yang menghadapi konsumen harus berpengetahuan banyak ttg produk dan mampu mengkomunikasikan keunggulan produk dengan baik (kalo mampu hipnotis malah lebih baik hehehe), proses pembuatan hingga pengiriman produk sampai siap dikonsumsi konsumen harus efisien efektif dan cepat, serta yang terakhir sering dilupakan adalah Physical Evidence. Apa itu Physical Evidence? Ini nich sering dilupakan, padahal termasuk penting. Ini yang membedakan suatu toko, suatu mall, suatu bank, pub, cafe, resto, kantor dsb lebih bergengsi, bonafid, keren, dibanding pesaingnya. Physical Evidence itu lingkungan dimana produk Anda bertemu dengan konsumen. Coba kita bandingkan antara Sogo dengan Matahari, dengan tata letak yang jauh lebih indah dan tampak glamor maka SOGO bisa menarik konsumen dengan kantong lebih tebal, dengan kartu kredit yang unlimited, dsb. Nah sekarang apa bedanya Alfamart dan Indomart dengan toko kelontong? dua jenis toko yang menjual produk-produk yang sama dengan harga yang kurang lebih sama, namun dengan mengedepankan lingkungan yang lebih nyaman, lebih rapi, dan lebih dingin maka Alfamart dan Indomart bisa menarik konsumen yang dulunya setia dengan toko kelontong atau pasar. Kondisi lingkungan dimana produk Anda diletakkan untuk dipertemukan dengan konsumen harus dibuat disesuaikan dengan profil jenis konsumen yang Anda target. Disini pentingnya konsultan yang memahami marketing dan arsitektur sehingga bisa mengimplementasikan strategi marketing menjadi Physical Evidence yang tepat sasaran. Semoga sharing ilmu ini bermanfaat.. Selain sharing ilmu saya mohon izin untuk mengirimkan email company profile HOB berikut ini. HOB terdiri atas para profesional yang memahami marketing dan yang memahami arsitektur. Bagi teman-teman yang berencana membangun atau merenovasi rumah, kantor, atau tempat usaha semoga file tersebut bermanfaat :).http://www.mail-archive.com/bisnis_center@yahoogroups.com/msg05829.html
Label
- 1. Profil Diri (1)
- 2. Profil Wirausahawan (5)
- 3. Produk (5)
- 4. Price (5)
- 5. Place (5)
- 6. Promotion (5)
- 7. People (5)
- 8. Process (5)
- 9. Physical Evidence (5)
Minggu, 10 Oktober 2010
Pentingnya Environmental sebagai Physical Evidence untuk Menunjang Kesuksesan Pemasaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar