Para pemasar perlu mendalami berbagai hal yuang mempengaruhi keputusan konsumen dan mengembangkan suatu penelitian tentang bagaimana konsumen dalam kenyataannya membuat keputusan mereka pada saat melakukan pembelian suatu barang. Dengan memahami bagaimana pembeli menempuh proses pembelian akan memungkinkan pemasar mendapatkan petunjuk bagaimana konsumen melakukan pembelian. Dengan demikian pemasar dapat menerapkan sistem pemasaran yang efektif bagi para konsumennya, dimana selanjutnya diharapkan dapat memberikan profit yang lebih besar. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Apriari Pramuka Batang. Namun demikian, kompetisi yang semakin besar membuat kebijakan perusahaan akan mengalami pengkajian lebih luas.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui antara harga, kualitas pelayanan, dan lokasi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen. Dihipotesiskan bahwa variabel harga, kualitas pelayanan dan lokasi akan berpengaruh terhadap keputusan konsumen.
Penelitian dilakukan di Apriari Pramuka Batang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh dari populasi konsumen pada Apriari Pramuka Batang yang diambil dengan metode accidental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada responden untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap faktor harga, kualitas pelayanan dan lokasi. Kuesioner juga berisi pertanyaan yang meminta pendapat responden tentang keputusan pembelian mereka terhadap Apriari Pramuka Batang. Pengukuran data hasil kuesioner menggunakan Skala Liker 1 sampai 5 pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan untuk menguji kelayakan penggunaan instrumen kuesioner.
Hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 10 menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keputusan konsumen (1 = -6,144 : p =0,000 < 0,05). Variabel kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (1 = 6,063 : p = 0,000 < 0,05). Variabel lokasi juga menunjukkan pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (t =2,225 : p = 0,026 < 0,05). Hasil pengujian simultan juga menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen terhadap Apriari Pramuka Batang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 59 % keputusan konsumen pada Apriari Pramuka dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas pelayanan dan lokasi.
http://www.unissula.ac.id/perpus/index.php?option=com_content&view=article&id=239:pengaruh-faktor-faktor-harga-kualitas-pelayanan-a-lokasi-terhadap-keputusan-konsumen-dalam-melakukan-pembelian-&catid=79:penelitian-2007&Itemid=64
Tidak ada komentar:
Posting Komentar