Minggu, 10 Oktober 2010

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR HARGA KUALITAS PELAYANAN & LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN

Para pemasar perlu mendalami berbagai hal yuang mempengaruhi keputusan konsumen dan mengembangkan suatu penelitian  tentang bagaimana konsumen dalam kenyataannya  membuat keputusan mereka pada saat melakukan pembelian suatu barang. Dengan memahami bagaimana  pembeli menempuh  proses pembelian akan memungkinkan pemasar mendapatkan petunjuk bagaimana konsumen melakukan  pembelian. Dengan demikian pemasar dapat menerapkan sistem  pemasaran yang efektif bagi  para konsumennya, dimana  selanjutnya diharapkan dapat memberikan profit yang lebih besar. Berbagai  upaya telah  dilakukan oleh Apriari  Pramuka Batang. Namun  demikian, kompetisi yang semakin besar membuat kebijakan perusahaan akan mengalami pengkajian lebih luas.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui antara harga, kualitas pelayanan, dan lokasi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen. Dihipotesiskan bahwa variabel harga, kualitas pelayanan dan lokasi akan berpengaruh terhadap keputusan konsumen.
Penelitian  dilakukan di Apriari Pramuka Batang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh dari populasi konsumen pada Apriari Pramuka Batang yang diambil  dengan metode accidental sampling. Instrumen  penelitian berupa  kuesioner yang  diberikan kepada responden untuk mengetahui tanggapan  mereka terhadap faktor harga, kualitas  pelayanan dan lokasi. Kuesioner juga berisi pertanyaan yang meminta  pendapat  responden  tentang keputusan pembelian  mereka  terhadap Apriari Pramuka Batang. Pengukuran  data hasil kuesioner  menggunakan Skala Liker 1 sampai   5 pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan untuk menguji kelayakan penggunaan instrumen kuesioner.
 Hasil  perhitungan dengan bantuan SPSS 10 menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keputusan  konsumen (1 = -6,144 : p =0,000 < 0,05). Variabel kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (1 = 6,063 : p = 0,000 < 0,05). Variabel lokasi  juga  menunjukkan pengaruh posistif yang  signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (t =2,225 : p = 0,026 < 0,05). Hasil  pengujian simultan juga menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen terhadap Apriari Pramuka Batang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 59 % keputusan konsumen pada Apriari Pramuka  dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas pelayanan dan lokasi.

 http://www.unissula.ac.id/perpus/index.php?option=com_content&view=article&id=239:pengaruh-faktor-faktor-harga-kualitas-pelayanan-a-lokasi-terhadap-keputusan-konsumen-dalam-melakukan-pembelian-&catid=79:penelitian-2007&Itemid=64

Tidak ada komentar:

Posting Komentar